Click Advertise on My Blog

Sunday, May 27, 2012

Mengenal Delphi

Delphi termasuk kedalam bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level) sehingga sangat memudahkan user dalam membuat program aplikasi yang diinginkan. Pengoperasian Delphi sangatlah mudah, tinggal click and drag. Delphi adalah suatu program berbasis bahasa Pascal yang berjalan dalam lingkungan Windows. Delphi telah memanfaatkan suatu teknik pemrograman yang disebut RAD yang telah membuatpemrograman menjadi lebih mudah. Delphi merupakan pemrograman visual, artinya perintah-perintah untuk membuat objek dapat dilakukan secara visual. Programmer tinggal memilih objek apa yang ingin dimasukkan kedalam Form, lalu tingkah laku objek tersebut saat menerima event tinggal dibuat programnya. Delphi merupakan bahasa berorentasi objek, artinya nama objek, properti dan methode atau procedure dikemas menjadi satu kemasan (encapsulate). 

Perbedaan konsep pemrograman berbasis objek dengan konsep pemrograman biasa adalah sebagai berikut : 
  1. Dalam pemrograman biasa, suatu benda hanya memiliki properti (ciri) yang membentuk dirinya. Contoh : Objek manusia memiliki nama, tinggi, berat, warna kulit dan lain-lain. 
  2. Dalam pemrograman berorientasi objek, suatu benda tidak hanya memiliki properti (ciri) tetapi jugamemiliki method dan event. Contoh: Objek manusia tidak hanya memiliki properti nama, tinggi, berat, warna kulit tetapi jugamempunyai metode / langkah yang dapat dikerjakan dan juga event (suatu kejadian yang bisaterjadi pada objek). Event dapat berupa : Event ketika lapar, ketika haus, ketika ngantuk dan lain-lain. Method dapat berupa : Makan, minum, tidur. Suatu method bisa saja dipanggil ketika suatu event terjadi. Contoh ketika manusia lapar, maka diaakan melakukan method makan. 
  • Perkembangan Delphi 1. Delphiversi 1, selanjutnya disebut Delphi 1 berjalan pada Windows 3.1 atau Windows 16 bit; 2. Delphi versi 2, selanjutnya disebut Delphi 2 berjalan pada Windows 95 atau Windows 32 bit; 3. Delphi versi 3, selanjutnya disebut Delphi 3 berjalan pada Windows 95 dengan tambahan fitur-fitur internet atau web; 4. Selanjutnya diikuti dengan Delphi 4, 5, 6 dan 7. Dimana pada Delphi 7 sudah ditambah dengan fitur dot Net (.Net) dan file XML. 
  • Kegunaan Delphi 1. Untuk membuat aplikasi berbasis Windows; 2. Untuk merancang aplikasi program berbasis grafik; 3. Untuk merancang aplikasi berbasis client/server; 4. Untuk merancang program berbasis internet (.Net). 
Keunggulan Delphi 1. Integrated Development Environment (IDE) atau lingkungan pengembangan aplikasi sendiri yakni satu dari beberapa keunggulan Delphi, didalamnya terdapat menu-menu yang memudahkan programmer untuk membuat suatu program; 2. Proses kompilasi cepat, pada saat aplikasi yang dirancang dijalankan pada Delphi, maka secara otomatis akan dibaca sebagai sebuah program, tanpa harus dijalankan terpisah; 3. Mudah digunakan, source code Delphi menggunakan bahasa Pascal, sehingga tidak diperlukan penyesuaian lagi; 4. Bersifat Multi Purphase, artinya pemrograman Delphi dapat digunakan untuk mengembangkan berbagai keperluan pengembangan aplikasi.

Ditulis Oleh : Suka Kopas Hari: 12:21 AM Kategori: