Click Advertise on My Blog

Monday, May 28, 2012

Mengenal PHP

PHP merupakan bahasa pemrograman server side yang didesain untuk dapat disisipkan dengan mudah ke dalam tag-tag HTML. Pada awalnya PHP adalah kepanjangan dari Personal Home Page.

Karena merupakan pemrograman Web server side, program PHP harus diletakkan di server. PHP merupakan bahasa pemrograman yang bersifat interpreter, artinya baris-baris program PHP di terjemahkan satu-persatu ke dalam bahasa mesin dan diproses oleh interpreter PHP menjadi HTML. Sehingga client yang berupa browser hanya melihat hasil HTML tanpa melihat program PHP di dalamnya.

Mesin PHP mencari baris-baris yang berada di dalam tag <?php atau <? dan ?> di dalam halaman HTML, dan menerjemahkannya sehingga Web server dapat memberikan hasil berupa HTML.

PHP pertamakali ditulis oleh Pak Rasmus Lexdorf, seorang pemuda yang baru lulus kuliah di Finlandia. Program ini merupakan kumpulan program PERL yang disederhanakan bernama PHP F1. Karena peminat yang banyak akhirnya dirilislah PHP menjadi PHP F2, dan dibantu dua orang mahasiswa yang membuatkan engine untuk PHP yang akhirnya lahir PHP3. Fersi terakhir adalah PHP4 yang akan kita pelajari sekarang. PHP sangat mudah dan ringan, sehingga membuat program dengan PHP adalah FUN and HAPPY. Tidak percaya? mari kita buktikan.

Ditulis Oleh : Suka Kopas Hari: 11:18 AM Kategori: